Apa itu gitar Original, Palsu, dan Custom ?


Apa itu gitar Original, Palsu, dan Custom ? Didalam dunia musik khususnya untuk instrumen gitar, ada berbagai macam istilah yang tidak asing di telinga kita mulai dari gitar original, palsu, custom dan juga handmade. Mungkin banyak dari kita yang tidak begitu paham soal macam-macam gitar yang ada di pasaran. Tentu saja, sebelum kita membeli gitar, kita harus tahu betul bagaimana gitar yang benar-benar bagus agar kita tidak menyesal nantinya. Pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit pencerahan tentang berbagai istilah yang sering kita dengar yaitu  gitar Original, Palsu, Custom dan Handmade.
Untuk Kamu yang berencana membeli gitar namun masih bingung akan memilih gitar asli atau custom, mungkin penjelasan singkat di bawah ini bisa Kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Gitar Original
Gitar ori yaitu gitar asli produksi pabrik. Tentunya, jika gitar itu bermerk (terkenal) harganya relatif cukup mahal. Namun demikian, gitar bermerk juga banyak yang mengeluarkan seri-seri tertentu dengan harga yang lebih murah. Gitar ori tentunya berkualitas bagus, karena telah melewati uji kelayakan dan standarisasi pabrik.

Setiap pabrik tentu mempunyai sistem pengujian sendiri. Setiap gitar yang terdapat kecacatan akan disortir kembali. Sementara gitar yang bagus dan sudah lolos uji akan dikemas dan dipasarkan. Proses pembuatannya juga sudah modern, karena telah menggunakan bantuan dari mesin-mesin canggih. Sehingga dengan demikian, kemungkinan terjadinya kecacatan bisa diminimalisir.

Seperti yang sudah sampaikan tadi, gitar original cenderung lebih mahal tapi tentu saja memiliki kualitas yang lebih baik dari pada gitar custom.
Untuk perbandingan kita bisa melihat produk gitar yamaha type APX 500ii yang cukup populer dibanderol dengan harga Rp. 2.500.000.

Gitar Palsu
Gitar palsu yaitu gitar yang dibuat oleh seseorang tetapi menggunakan merk dagang orang lain. Misal ada sebuah produsen pembuatan gitar, mereka menjual berbagai macam gitar dengan berbagai type lalu gitar-gitar tersebut ditempel dengan merk YAMAHA dan dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Mungkin saja kualitasnya mirip dan hampir sama dengan gitar original, tetapi tetap saja hal tersebut tidak boleh dilakukan karena bisa menyalahi aturan perundang-undangan yang ada. cara membedakanya cukup mudah yaitu dengan melihat serial number pada gitar. biasanya gitar palsu tidak memiliki serial number pada gitar.

Gitar Costume
Gitar custom yaitu gitar yang dibuat secara handmade oleh orang-orang yang ahli membuat gitar (luthier). Banyak yang beranggapan bahwa gitar custom ini berkualitas buruk, dan masih kalah dengan gitar ori pabrikan. Tetapi anggapan itu tak selamanya benar, justru bisa kebalikannya.
Gitar custom memang dibuat sendiri oleh para luthier gitar. Jika kemampuan atau skill dari luthiernya masih di bawah rata-rata anggapan itu ada benarnya. Tetapi bagaimana jika lutihiernya sangat mahir dalam membuat gitar. Tentu anggapan itu salah besar. Seorang luthier gitar bisa membuat gitar yang bagus dan berkualitas. Tergantung dari pengalaman atau kapasitasnya, juga skill bermusiknya.

Nah, oleh karena perbedaan-perbedaan yang cukup signifikan dari ketiganya. Maka berikut kami berikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Gitar original 

Kelebihan:
  • Kualitas terjamin
  • Terjadinya kecacatan sangat minim
  • Ada garansi resmi dan servis centre yang terpercaya

Kelemahan:
  • Harga relatif lebih mahal
  • Kualitas terbatas pada harga, karena diproduksi secara masal dan sudah di standarisasi
  • Gitar tidak bisa dibuat sesuai keinginan sendiri
Gitar Custom
Kelebihan:
  • Harga relatif lebih murah
  • Kualitas tidak terbatas pada harga, tetapi tergantung skill dari luthiernya
  • Bisa dibentuk sesuai keinginan pribadi
Kelemahan:
  • Resiko kecacatan lebih besar
  • Tidak ada klaim garansi, kalaupun ada tak sebagus gitar ori yang mempunyai servis centre resmi
  • Tidak ada standarisasi produk, sehingga kualitas tidak ada batasan atau jaminannya

Demikian artikel tentang Apa itu gitar Original, Palsu, dan Custom.
Semoga bisa menjadi acuan bagi kamu yang ingin membeli gitar original maupun custom.

Comments

Post a Comment