Tips Memilih Gitar Akustik yang berkualitas

tips memilih gitar akustik
Gitar merupakan sebuah instrumen musik yang dibunyikan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari atau plektrum (Pick). Pada mulanya kata gitar diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Namun, seiring berjalannya waktu gitar terus berkembang menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini.

Gitar memiliki 2 macam yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Gitar Akustik yaitu gitar yang memiliki  bagian badan yang berlubang (hollow body) dan dapat menghasilkan suara yang relatif cukup keras tanpa penguatan elektrik. Bunyi dari gitar akustik dihasilkan dari getaran senar yang mengalir antara tulang leher (nut) dengan jembatan (brigde) yang kemudian diperkuat oleh bagian badan gitar yang bertindak sebagai lubang resonansi.
Sedangkan Gitar Elektrik yaitu  gitar yang dirancang agar bunyi yang dihasilkan dapat diperkuat secara elektrik dan jika dimainkan tanpa penguatan tersebut akan menghasilkan suara yang relatif lemah. Komponen utama pada gitar elektrik adalah pickup.
Lalu apa saja sih yang perlu diperhartikan apabila kita ingin membeli gitar akustik?

tips memilih gitar akustik
Berikut ini saya akan memberikan sedikit Tips memilih gitar akustik yang berkualitas.
1. Jenis Kayutips memilih gitar akustik
Pilih lah jenis kayu yang berkualitas, dan usahakan bagian neck dan body menggunakan jenis kayu yang berbeda. Jadi, sebelum kamu membeli gitar pastikan dahulu jenis kayu yang digunakan oleh gitar tersebut. Pada umumnya luthier menggunakan bahan kayu berjenis mahogany dan mapel.

2. Neck Gitar
tips memilih gitar akustik
Pilihlah Neck atau biasa disebut juga stang gitar yang sudah menggunakan truss rod. Apa itu truss rod? truss rod merupakan lempengan besi yang ditanam pada neck gitar yang berfungsi untuk mengatur kelengkungan neck gitar.  Dengan truss rod kamu bisa mengatur tinggi rendahnya string dengan fret board agar sesuai dengan selera.

3. Body Gitartips memilih gitar akustik
Pada umumnya gitar yang bagus akan memiliki bobot yang sedikit berat dari gitar yang abal-abal, ini dikarenakan bahan yang digunakan mempunyai tingkat kepadatan yang baik,sehingga membuat bobot nya menjadi agak berat.

4. Kekerasan Fret.tips memilih gitar akustik
Ada yang bilang carilah fret yang terbuat dari baja, dengan begitu fret akan menjadi lebih kuat, dan tidak mudah terkikis oleh gesekan dengan senar gitar dalam jangka waktu yang lama.

5. Suara Gitartips memilih gitar akustik
Ini merupakan bagian penting dalam memilih gitar akustik yang berkualitas. Oleh sebab itu, sebelum kamu membeli gitar alangkah baiknya jika kamu melakukan test sound terlebih dahulu untuk mengetahui apakah suara yang dihasilkan dari gitar tersebut benar-benar sesuai selera. Biasanya gitar yang berkualitas memiliki suara yang nyaring dan bulat (tidak cempreng). Kalau kamu pernah memainkan gitar murahan dan mahal, pasti kamu akan bisa dengan mudah membedakan mana gitar yang bagus atau tidak.

6. Stem
tips memilih gitar akustik
Sekarang coba stem gitar yang ingin kamu beli, pastikan semua dryer gitar berjalan dengan baik (tidak keras).

Nah itulah tips memilih gitar yang berkualitas. Semoga bisa menjadi panduan buat kamu yang ingin membeli gitar akustik.

Comments