Tips Membeli Gitar Akustik


Pada artikel sebelumnya sudah kami bahas tentang apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih gitar akustik. Tentu saja, setelah kita menentukan gitar mana yang terbaik untuk digunakan langkah berikutnya adalah hal yang perlu diperhatikan dalam membeli gitar akustik.  Jadi, pertimbangan untuk membeli gitar akustik cukup perlu diperhatikan dari segi harga terendah (100.000) an hingga jutaan.
Dan berharap dengan membaca panduan ini kamu punya banyak pertimbangan dalam membeli gitar akustik yang murah dan berkualitas.
Lalu apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam membeli gitar akustik?



300 lucky fans get to see Slash and Myles Kennedy perform a stripped-back acoustic set for the Max Sessions in Sydney.

1. Harga
Harga adalah hal yang perlu diperhatikan dalam membeli gitar akustik. Gitar akustik untuk pemula biasanya dibanderol dengan harga 100rb – 300 rb rupiah. Bagi kamu yang masih dalam tahap belajar dan ingin mempunyai gitar yang harganya terjangkau, kamu bisa membeli gitar tersebut, biasanya banyak sekali penjual alat-alat musik dengan kategori tersebut. namun jika kamu ingin mempunyai gitar yang mempunyai kualitas cukup bagus alangkah baiknya kamu membeli gitar yang dibanderol dengan harga 800rb-1jt rupiah. Selain bahan yang digunakan bagus, suara yang di hasilkan juga akan lebih nyaring dan bersih.
2. Bentuk dan desain
Sebelum membeli gitar pastikan gitar yang anda beli tidak terlalu besar ataupun kecil, karena selain mengganggu saat proses belajar nanti, kamu juga akan merasa tidak nyaman saat memegang gitar tersebut.
3. Material Dasar Gitar
Hal yang ketiga yang harus anda pikirkan sebelum Membeli gitar akustik yang berkualitas ialah Bahan dasar gitar itu Sendiri.
Bahan dasar sangat berpengaruh dengan jenis suara yang dihasilkan Contohnya ialah bahan dasar gitar All Solid atau All Laminated .
Apa itu Bahan Dasar gitar All Solid ?
All Solid ialah bahan dasar gitar akustik yang terdiri dari kayu Asli , Mulai Dari Neck , Top , Body dll..
Apa itu Bahan dasar Gitar All Laminated ?
All Laminated ialah Bahan dasar yang dapat dibilang masih terbuat dari kayu Triplek .
4. Tempat Membeli Gitar
Hal berikut ini juga perlu diperhatikan dalam membeli gitar akustik, banyak orang yang tertipu dengan gitar yang ia beli karena ia salah memilih tempat gitar. Kami sarankan untuk membeli gitar di toko yang sesuai dengan merk gitar tersebut. Misal, kamu ingin membeli gitar yamaha, maka datangi dealer musik yamaha. Tetapi jika kamu pencinta gitar custom sebaiknya datangi tempat yang menurut anda terpercaya. Untuk mengetahui perbedaan keduanya kamu bisa baca artike tentang Apa itu gitar Original, Palsu, dan Custom ?
5. Resonasi gitar
Apa itu resonasi gitar? Resonasi gitar Ialah Lamanya Getaran saat anda memetik salah satu senar yang ada pada gitar , resonasi juga harus diiringi dengan Intonasi gitar yang jelas.
Jadi Gitar akustik murah kualitas bagus tentu resonasi getarannya akan semakin lama jadi berhati hatilah jangan sampai salah cara memilih gitar yang bagus suaranya.
6. Cek Sound langsung ditempat
Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli gitar akustik berikut nya yaitu suara. carilah gitar yang sesuai dengan feel anda ( Jangan mementingkan sebuah Merek , pilih Gitar yang mana anda merasa nyaman ketika anda mendengarkan suara yang dihasilkan ) Setelah anda merasa cocok jangan Lupa juga Seberapa nyaman jari anda saat memainkan gitar tersebut.
Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam membeli gitar akustik. Semoga bisa menjadi panduan anda dalam membeli gitar akustik yang berkualitas

Comments