Panduan Belajar Gitar Untuk Pemula Part 1

Hasil gambar untuk gitaris pemula

Apakah kamu seorang gitaris pemula ? berarti selamat kamu adalah orang yang beruntung. pada dasarnya semua orang bisa bermain gitar hanya saja yang membedakan adalah persoalan waktu saja..Saya memulai gitar sejak 9 tahun yang lalu sekitar tahun 2011. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Panduan Belajar  Gitar Untuk Pemula yang tentu saja pernah saya alami dan apa saja yang hal saya lalui sehingga saat ini bisa memainkan gitar..

Baca juga :Apa Itu Gitar Original, Palsu dan Costume ?

Untuk belajar gitar setidaknya ada beberapa tips agar kamu bisa mempelajari gitar dengan cepat.
  1. Kenali Gitar
    Pelajari pengetahaun umum tentang dari mulai nama-nama komponennya, jenis-jenis gitar, jenis-jenis senar dan sebagainya.
  2. Memiliki Gitar
    Dalam belajar gitar memiliki gitar itu sendiri sangatlah penting ! hal ini dikarenakan untuk mempelajari gitar membutuhkan waktu yang tidak sebentar. belilah sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan. bila kamu memiliki uang yang cukup saya sarankan kamu membeli gitar original. karena gitar original biasanya tidak memiliki kecacatan dalam produk. apa bila tidak memiliki gitar manfaatkan saja yang ada, meminjam misalnya
  3. Latihan secara berkala
    Lakukan latihan sesering mungkin. apa saja yang harus dilatih ? setidaknya ada 4 hal yang harus dilatih secara rutin
    a. Latihan senam jari(finggering)
    b. Latihan menghafal cord
    c. Latihan struming (genjrengan)
    d. Latihan Petikan (Picking)
  4. Manfaatkan Internet / Youtube / Buku / Media Sosial
    Saat ini untuk mempelajari gitar sangat kaya dengan referensi yang bisa digunakan berbeda dengan dulu yang hanya menggunakan guru/teman dan buku. misalkan ketika ingin mempelajari teknik picking tinggal cari diyoutube saya yakin kamu akan menemukan banyak sekali videonya.
  5. Mengikuti Kursus
    Sebenarnya ini hanya pelengkap saja, namun bila kamu ingin mempelajari gitar secara intens saya sarankan mengikuti kursus gitar.
Selengkapya ada dibawah ini, siapkan buku catatan. catat yang menurutmu penting dan tempelkan ditempat yang pasti kamu lihat setiap hari.

Baca Juga : Tips Memilih Gitar Akustik Yang Berkualitas

Daftar Isi
1. Cara Tuning Chord Gitar
1.1. Cara tuning gitar manual
1.2. Cara tuning gitar dengan menggunakan alat

1. Cara tuning Chord Gitar ( Tuning Gitar )



Tuning Gitar dapat dilakukan dengan beberapa metode yakni dengan cara manual atau menggunakan alat. dibawah ini adalah settingan nada gitar standar yang menjadikan patokan dalam tuning gitar.

Settingan standar nada gitar


1.1. Cara menyetem gitar manual

Sebetulnya cara ini amatlah mudah jika kita lakukan namun begitu pada prakteknya kerapkali menimbulkan para pemula kebingungan. Kenapa dapat demikian ?
Sebab kita mesti melakukan pelatihan pada pendengar kita serta kepekaan terkait nadanya
  1. pada fret ke-5, Tekanlah senar 6 , lantas tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan .
  2. pada fret ke-5, Tekanlah senar 5 , lalu tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan .
  3. pada fret ke-5, Tekanlah senar 4  selanjutnya tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan.
  4. pada fret ke-4, Tekanlah senar 3 , lantas tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan .
  5. pada fret ke-5, Tekanlah senar 2 , kemudian tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan .
Bagaimana ? sangat mudahkan menyetem gitar dengan metode manual. Kamu hanya ikuti saja tahapan-tahapan diatas namun begitu hal yang paling penting ialah telinga kamu harus senantiasa mendengarkan nada yang keluar dengan amat cermat

1.2. Tuning gitar dengan tuner

kita bisa melakukan ini dengan 2 cara.
a. menggunakan alat tuner.

b. menggunakan aplikasi tuner gitar yang berada di smartphone

Hasil gambar untuk tuner gitar aplikasi

Catatan :
1. Apabila tuning sudah dilakukan namun nada gitar masih fals maka penyebnya gitar yang bermasalah. biasanya ini sering terjadi pada gitar pemula yang harganya kisaran 500K kebawah

Nah itulah yang bisa saya sampaikan untuk postingan kali ini semoga bermanfaat. nantikan Panduan Belajar Gitar Untuk Pemula Part 2 nya.
Salam Nada !

Baca Juga : Apa Itu Gitar Akustik ?

Panduan Belajar Gitar Untuk Pemula Part 2 >>>> Klik Disini (Coming Soon)

Comments